APRESIASI DAN KRITIK SENI RUPA




Deskripsi
Gambar di atas merupakan sebuah karya desain komunikasi visual yang berupa iklan poster dari minuman Sprite. Poster tersebut dibuat menggunakan teknik Fotografi dan juga teknik editing dengan menggunakan perangkat lunak komputer bernama Photoshop. Poster tersebut menggunakan ilustrasi gambar botol Sprite di sebelah kiri dengan ukuran yang besar. Di depan bagian botol tersebut terdapat logo Sprite yang besar dengan warna putih di tulisan “Sprite” serta berwarna kuning dan hijau pada gambar lemon di atas tulisan tersebut. Di samping kiri terdapat tulisan “NYATANYA NYEGERIN” dengan font tebal berwarna hijau. Botol tersebut sebenarnya adalah foto botol yang dijatuhkan ke dalam air dan menimbulkan cipratan dan gelembung. Warna yang dominan dalam poster tersebut adalah warna hijau dan juga putih sebagai background.

Analisis formal

No.
Subjek
Analisis Unsur
Analisis Prinsip
1.


Berukuran paling besar berwarna hijau, berupa foto botol, tekstur semu.
Menggunakan keseimbangan asimetris, yaitu diletakan di sebelah kiri, proporsi sesuai aslinya, memiliki kesatuan dengan subjek lainnya.
2.


Berukuran cukup besar, berwarna putih pada tipografinya, kuning, dan hijau pada warna bentuk lemon. Terletak menumpuk botol
Menggunakan tipografi yang bagus, penggunaan logo lemon yang pas, namun kurang jelas karena berwarna putih pada tipografinya.
3.


Berukuran besar, berwarna hijau, menggunakan font yang tebal.
Menggunakan font yang tebal dan berwarna hijau membuat serasi dengan botol, peletakan asimetris dibagian kanan.
Memiliki kesatuan dengan objek lainnya.
4.


Berupa cipratan dan gelembung, berwarna seperti aslinya.
Cipratan air yang terlihat alami menyatu dengan botol dan objek lainnya, serasi.
5.


Background berwarna putih dengan sedikit gradasi warna ke abu-abu.
Menggunakan warna putih yang serasi, membuat objek lain terlihat jelas.


Interpretasi
Dalam setiap karya seni sudah pasti terdapat makna dan pesan yang ingin disampaikan oleh seniman kepada audien, tetapi disini berupa karya poster iklan yang dibuat oleh desainer yang pada dasarnya hampir sama dengan seniman yang tetap mempunyai makna dan pesan.
Dalam poster iklan dari Sprite tersebut makna dan pesan yang disampaikan adalah bahwa Sprite nyatanya nyegerin, dinyatakan dengan tulisan “NYATANYA NYEGERIN” dan juga ilustrasi foto botol yang dijatuhkan kedalam air dan menimbulkan cipratan dan gelembung yang membuatnya terlihat menyegarkan.
Evaluasi
Penilaian sebuah poster iklan yang berhasil adalah dari makna yang mudah dipahami dan pesan yang tersampaikan kepada audien dengan mudah. Hal itu semua terdapat pada poster iklan Speedy tersebut dengan menggunakan tipografi yang mudah dibaca dan ilustrasi yang pas yaitu berupa foto botol dari produk Sprite yang dijatuhkan ke air yang menimbulkan cipratan dan gelembung. Sehingga memberikan kesan segar. 
Akan tetapi ada sedikit kekuarangan yaitu peletakan logo yang kurang tepat, tulisan yang besar sebenarnya memberikan kemudahan untuk melihat bahwa itu produk sprite akan tetapi dengan tulisan yang putih dan background yang putih juga membuatnya agak tidak terlihat. Menurut saya akan lebih baik jika logo Sprite di perkecil dan ditempel dilogo, apabila masih kurang jelas karena kecil, bisa ditambahkan logo Sprite dengan warna monokrom hitam dibagian atas atau bawah tulisan “NYATANYA NYEGERIN”.


Komentar

  1. How to make a grade 23 titanium razor | TITanium-Arts.com
    How to make a grade titanium glasses frames 23 titanium pot titanium razor titanium price | TITanium-Arts.com. titanium iv chloridebenjamin moore titanium How-to-make-a-grade-23-

    BalasHapus

Posting Komentar